Rapid Test Petugas Perayaan Natal, Berikan Rasa Aman dan Nyaman

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam rangkaian persiapan Perayaan Natal, sebanyak 40 petugas Ibadah Natal dari petugas  keamanan, tata tertib, tata laksana termasuk pastur maupun romo Gereja Katolik Kumetiran dan Gereja St Maria Lidwina Bedog menjalani Rapid Test, Sabtu (19/12/2020) pagi di Aula Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bercela, Kumetiran Yogya.

“Rapid Test untuk  menumbuhkan rasa aman dan nyaman dalam melayani umat saat Perayaan Natal. Umat setempat juga kami himbau menjaga kesehatan kalau merasa sakit jangan pergi ke gereja,” ucap Pastur Kepala Gereja Kumetiran Rm Y Dwi Harsanto Pr yang pertama menjalani Rapid Test.

Didampingi Sekretaris Satgas Covid-19 Gereja Kumetiran A Joko Tirtono, Rm Dwi menyebutkan Perayaan Natal dilaksanakan terbatas jumlahnya hanya 1/4 daya tampung gereja melalui undangan per wilayahnya.  “Dari daya tampung 900 umat, setiap misa dibatasi hanya 200-an umat. Ada 10 kali misa, 7 di Kumetiran dan 3 di Bedog, sesuai aturan umat yang diundang, usia 11-65 tahun, lansia, ibu hamil/menyusui, anak-anak tidak diperkenankan ikut,” terang Rm Dwi

Joko Tirtono menambahkan dengan sosialisasi dan sistem among umat, dimana pengurus wilayah paham prokes dan mengenali wajah umat, maka  saat ini umat Gereja Kumetiran sudah terbiasa dan tertib dengan disiplin prokes Covid-19.

“Jika ditemukan umat yang tidak dikenal bisa ditolak, Umat yang sudah terbiasa misa mingguan dipriotitaskan ke gereja saat Natal. Keluarga yang mudik harus melakukan karantina 14 hari lebih  dulu. Umat harus benar-benar sehat bukan karena usia saja, pendataan umat yang hadir penting untuk tracing kalau ada kasus, Puji Tuhan hingga saat ini belum ada, ” tegas Joko

Lebih lanjut, Rm Dwi menegaskan sesuai Tema Natal, umat Katolik tetap bersatu dengan Tuhan dan masyarakat ikut dalam keprihatinan dengan memberikan sumbangkan terbaik di masa pandemi. (R-4)

BERITA REKOMENDASI