Ratusan Anggota Pemuda Pancasila Ziarah di Kusumanegara, Berikan Tali Asih Petugas Makam

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ratusan anggota Pemuda Pancasila DIY berkumpul di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Kamis (01/10/2020) siang. Mereka berziarah ke makam para pahlawan sekaligus memberikan tali asih pada petugas penjaga makam.

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila DIY, Faried Jayen Soepardjan mengatakan pada awalnya ia bersama beberapa anggota hanya berniat berziarah ke makam orangtuanya TMP Kusumanegara. Namun, ternyata anggota dari lima kabupaten/kota DIY antusias dan mereka mulai berdatangan hingga berjumlah ratusan orang.

“Pemuda Pancasila ini organisasi dengan satu garis komando, mungkin di kabupaten/kota melihat ketuanya nyekar ingin ikut nyekar para pahlawan. Jumlah pasti yang ikut saya kurang tahu berapa, namun ini semua dari lima cabang di DIY,” ungkapnya pada wartawan usai acara.

Secara khusus Faried Jayen bersama Pemuda Pancasila DIY memberikan tali asih pada para petugas penjaga makam. Mereka diberikan paket sembako serta tanda mata yang jumlahnya disesuaikan dengan para penjaga di taman makam pahlawan tersebut.

“Kami berikan tali asih bagi petugas TMP Kusumanegara, intinya kita berbagi bersama paling tidak membantu dan membahagiakan walau sehari keluarga para petugas. Mereka menjaga roh para pahlawan, mereka ini yang paling berperan. Hari ini sekaligus kami ajak anggota yang sudah sampai di sini untuk berbagi kepada semua masyarakat yang membutuhkan. Kita berbagi dan kami ajak agar hatinya tersentuh,” ungkapnya lagi.

Sementara Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila DIY, Yuni Astuti mengatakan dalam agenda nyekar kali ini pihaknya ingin mengajak generasi muda menghormati jasa para pahlawan yang telah tiada. Pasalnya, generasi milenial seolah memiliki jarak dengan sejarah bangsa.

“Kami ingin ajak anak-anak muda, menghargai jasa para pahlawan. Sekaligus hari ini, kami mengajak anggota yang hadir untuk berempati. Anggota kami tanpa disuruh datang dengan kerelaan, ini sangat luar biasa,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI