Ratusan Pelaut Bakal Ikuti Napak Tilas 500 Tahun Ferdinan Magellan Masuk Halmahera Selatan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaut Portugis Ferdinan Magellan atau kerap disebut Magalhains tiba di Maluku Utara pada 1521 lalu. Tahun depan tepat 500 tahun pelaut dengan tugas utama dari Kerajaan Spanyol untuk mencari rempah-rempah itu tiba menjejakkan kapalnya di bumi Maluku tepatnya Halmahera Selatan.

Dalam Rapat Kerja Nasional II Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) dengan tema KSBN Ikut Berperan Membangun Masa Depan Peradaban Bangsa yang Berbasis Budaya di Balai Diklat Kementrian Dalam Negeri Yogyakarta, Senin (9/3/2020) hal tersebut dibahas. Pemerintah kabupaten Halmahera Selatan mempersiapkan diri untuk menyambut ribuan pelancong asing yang ingin menapak tilas perjalanan Magellan hingga akhirnya menemukan harta rempah-rempah Maluku Utara.

Hendarji Soepandji, Ketua Umum KSBN mengungkap secara khusus Rakernas II Yogyakarta membahas dua agenda besar yang akan dilaksanakan di Trowulan Mojokerto dan Halmahera Selatan. Menurut dia dua lokasi tersebut akan menjadi pengingat sejarah besar yang harapannya bisa menginspirasi masyarakat.

BERITA REKOMENDASI