Ratusan Peserta Ikuti Jemparingan Dies ke-54 UAJY

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Lomba Jemparingan menjadi salah satu kegiatan yang menarik dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-54 UAJY kali ini. Lomba Jemparingan atau Panahan Tradisional tersebut diadakan di Lapangan Kampus II Gedung Santo Thomas Aquinas, Minggu (15/9).

Pagelaran Lomba Jemparingan ini ternyata memiliki keunikan tersendiri di mana para pesertanya diwajibkan untuk menggunakan pakaian tradisional khas Jawa dan harus memanah sambil duduk bersila. Setiap pemanah dibekali dengan 4 anak panah untuk satu kali tembakan, atau disebut juga sebagai 1 Rambahan. Dan dalam lomba ini, para peserta harus melakukan 80 kali tembakan atau sebanyak 20 rambahan.

Peserta yang rutin mengikuti Jemparingan setiap tahun merasakan euforia yang begitu luar biasa. Pasalnya, Jemparingan menjadi salah satu daya tarik bagi peserta yang mengikuti perlombaan tersebut. Jumlah peserta kali ini sebanyak 216 orang yang berasal dari wilayah Yogyakarta, Solo dan Wonogiri.

Wakil Rektor III UAJY, Pupung Arifin MSi menyambut positif Pagelaran Lomba Jemparingan ini. “Terima kasih atas perhatian yang luar biasa bagi peserta yang mengikuti lomba panahan tradisional ini. Jemparingan merupakan salah satu budaya Jawa yang harus tetap dilestarikan,” ujar Pupung. (C-2)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI