Ratusan Petualang Nusantara Siap Jelajahi Jogja

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Ratusan peserta dari berbagai daerah berkumpul di Benteng Vredeburg, Jumat (12/8/2016). Mereka akan memulai serangkaian kegiatan bertajuk Festival Petualang Nusantara (FPN) 2016 12-14 Agustus 2016.

Selama tiga hari penyelenggaraan festival tersebut, total 350 peserta dari berbagai wilayah tanah air seperti Kalimantan, Bali, Sumatera dan Jawa akan mengikuti berbagai kegiatan luar ruangan seperti amazing race serta penjelajahan kawasan wisata alam di Gunungkidul. "Tiga hari kedepan mereka akan ikut kegiatan perkemahan di Canyoning Curug Gede, Tyroleans di Nglanggeran, panjat tebing di Pantai Siung, cave tubing di Kali Suci, caving di Goa Jomblang dan rafting di sungai Elo," ungkap ketua panitia Aji Rachmat.

Dalam kegiatan yang juga dilaksanakan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-71, Komunitas Lare Angon didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata melalui program Pesona Indonesia untuk memperkenalkan wisata alam yang ada di Gunungkidul. "Tahun ini merupakan kali kelima FPN dilaksanakan dan kami fokus di Gunungkidul karena pemerintah memang tengah fokus mengembangkan destinasi wisata salah satunya di Yogyakarta," imbuhnya.

Sementara Suryanto, Kasubdit Wisata Petualang Kemenpar mengharapkan festival tersebut bisa semakin mengenalkan potensi wisata alam yang sangat banyak di Gunungkidul. Beberapa petualang senior seperti Cahyo Alcantana dan 'Si Gundul' akan ikut dalam kegiatan selama tiga hari kedepan dan berbaur dengan para peserta.

"Harapannya akan ada transfer pengalaman dan pengetahuan dari para petualang senior tersebut dan nantinya para peserta juga menularkan hal baik pada rekan yang ditemui di tempat asalnya. Bahkan, kesan baik dari semua objek wisata alam di Gunungkidul juga semakin dikenal luas oleh masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga :

FPN Hari Pertama, Peserta Bantu Pedagang Beringharjo

Kemenpar menilai potensi pariwisata alam di seluruh wilayah Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan. "Kami ingin bekerja keras mewujudkan target kunjungan wisatawan asing 20 juta pada 2019 dan inilah salah satu upaya kami mengenalkan potensi yang ada," pungkas Suryanto. (Fxh)

Baca Juga:
Pimpinan Ombudsman Jateng Meninggal Tertabrak Kereta

Miss Indonesia 2015 ini Diragukan, Ada Apa?

Kesenian Jawa Digelar Sepanjang Malioboro
 

 

BERITA REKOMENDASI