Rawan Covid, Disnakertrans DIY Pantau Ketat Perusahaan Dengan Karyawan Besar

Editor: Agus Sigit

” Kami mengedepankan upaya bipartit antara pekerja dan pemberi pekerjaan di masa pandemi Covid-19 ini. Pemerintah telah menggulirkan upaya di sektor ketenagakerjaan, salah satunya bantuan subsidi upah menggunakan basis data BPJS Ketenagakerjaan dengan sasaran pekerja yang mempunyai upah di bawah Rp 5 juta per bulan,” imbuhnya.

Mantan Kepala Bidang Destinasi wisata Dinas Pariwisata DIY ini menegaskan pihaknya sekaligus melakukan sosialisasi kepada perusahaan maupun pekerja agar melengkapi data BPJS Ketenagakerjaan dengan rekening supaya program itu dapat secara luas dimanfaatkan di DIY. Disamping itu, pihaknya melakukan monitoring data terhadap pekerja yang dirumahkan sementara maupun di PHK guna ditawari serangkaian bentuk upskilling berupa pembekalan atau pelatihan untuk kewirausahaan sebagai income tambahan selama masa dirumahkan atau kembali bekerja.

” Kita akan kaitkan mereka dengan Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) DIY supaya dapat berkembang terutama bagi pekerja formal. Bagi pekerja informal kami tawarkan pembentukan tenaga kerja mandiri melalui media sosial yang berhasil menjaring banyak peserta hingga Oktober 2020 ini,” pungkas Aria. (Ira)

BERITA REKOMENDASI