Realisasi Penerimaan Pajak DIY Baru 55,83 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Realisasi penerimaan pajak di DIY baru mencapai 55,83 persen atau Rp 3,4 triliun perakhir September 2019 dari total target penerimaan sebesar Rp 6,1 triliun tahun ini. Pertumbuhan penerimaan pajak di DIY hanya 3,44 persen, sehingga untuk menggenjot penerimaan pajak seoptimal mungkin perlu mendekatkan diri dengan Wajib Pajak (WP). Di antaranya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY, pembetulan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) hingga pemanfaatan kucuran APBD baik di provinsi maupun kabupaten/kota se-DIY.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak DIY Dionysius Lucas Hendrawan mengaku tetap berupaya mengoptimalkan penerimaan pajak DIY. "Masih banyak yang bisa kita lakukan guna mengoptimalkan realisasi penerimaan pajak di DIY hingga pengujung akhir 2019 ini. UMKM dan perdagangan masih menjadi kontribusi penyumbang pajak di DIY,” jelasnya.

Lucas mengungkapkan, banyak pengusaha yang masih berlindung dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh WPyang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Banyak pengusaha yang selalu melaporkan SPT-nya dengan omzet masih di bawah Rp 48 juta, padahal penghasilannya yang diterima sudah melebihi.

"Karena yang selama ini kita periksa justru kecenderungannya yang ditemukan bisa 10 kali lipat. Jadi yang dilaporkan dalam SPT tidak sesuai dengan kenyataan, kita tidak mungkin harus periksa itu semua. Kami selalu menyampaikan kepada masyarakat untuk melaporkan hal yang benar, kami pun ada fasilitas untuk melakukan pembentulan , manfaatkan itu sebelum ada penegakan hukum atau law enforcement," jelasnya.

Menurut Lucas, apabila sampai dilakukan law enforcement dikhawatirkan akan mengganggu finansial WP yang bersangkutan nantinya. Sehinggga, Kanwil Ditjen Pajak DIY menyarankan agar WP segera memanfaatkan pembetulan SPT sebelum ada pemeriksaan.

Pihaknya juga akan bersinergi dengan Pemda DIY, Pemkot/- Pemkab se-DIY melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama yang ada berkaitan dengan kucuran APBD yang sampai saat ini mungkin belum banyak setor pajak. Sebab APBD daerah naik setiap tahunnya, untuk DIY secara total hampir Rp 21 triliun sehingga ada angka yang semestinya bisa raih untuk pembayaran pajak. (Ira)

BERITA REKOMENDASI