Refleksikan Ajaran Luhur Ki Hadjar Dewantara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Alumni Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta mengadakan pameran seni rupa bertajuk 'The Spirit of Ki Hadjar Dewantara' di Jogja Gallery, Jalan Pekapalan Alun-alun Utara Yogyakarta, 28-30 November 2018. Sebanyak 80 karya seni dari 30 alumni dipamerkan terdiri lukisan, patung, seni instalasi, grafis, fotografi dan seni kriya.

Ketua Himpunan Alumni Seni Rupa Sarjanawiyata (Hasta), Kadek Hariana mengatakan, spirit Ki Hadjar Dewantarta yakni semangat pendidikan yang memerdekakan sengaja ditonjolkan dalam pameran ini. Konsep trisakti jiwa Ki Hadajar Dewantara yakni cipta, rasa, dan karsa, ngerti, ngrasa, nglakoni dan niteni, niroake, nambahi menjadi pola bagi seorang perupa dalam mengeksploarsi gagasan kreatifnya.

"Banyak alumni Prodi Pendidikan Seni Rupa UST yang menjadi pendidik/guru, menggeluti sebagai seniman atau profesi lainnya. Melalui pameran ini kami (Hasta) ingin menjaga intensitas kreatif secara berkelanjutan dari para alumni. Selain itu untuk merefleksikan nilai-nilai luhur ajaran Ki Hadjar Dewantara dalam menyikapi keragaman kehidupan berkesenian yang berkembang sampai saat ini," kata Kadek yang juga Dosen Prodi Seni Rupa UST ini disela pameran, Jumat (30/11/2018).

Menurut Kadek, dalam proses tumbuh dan berkembangnya Prodi Pendidikan Seni Rupa UST, aktivitas mahasiswa dan alumni dalam berkreasi cukup eksis. Karya-karya seni rupa para mahasiswa dan alumni cukup berkualitas dan beberapa sering meraih prestasi.

"Pameran ini menjadi wahana mempererat silaturahmi antara alumni dengan Prodi Pendidikan Seni Rupa UST, sekaligus mendorong alumni menerapkan ilmu/keahlian yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI