Rehab RTLH, Pebongkaran Rumah Keenam Dilakukan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Para parajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta mulai membongkar rumah milik Ny Murah (70) warga Kampung Gambiran Lor Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo, Jumat (30/03/2018). Kediaman milik Ny Murah ini merupakan rumah keenam yang dibongkar prajurit dalam program rehab rumah tak layak huni dalam TMMD Reguler ke-101 ini.

Selain rumah Ny Murah masih ada empat hunian lain yang nantinya akan dibongkar prajurit, sehingga nantinya total ada sepuluh rumah direnovasi. Perbaikan yang dilakukan yakni mulai dari popndasi, lantai dinding maupun atap sehingga rehab hampir membangun total rumah dari awal.

Pasi Teritorial (Pasiter) Kodim 0734 Yogyakarta, Kapten (Inf) Rino Tri Widodo mengungkapkan kediaman Ny Murah telah memenuhi kualifikasi rumah yang mendapat prioritas renovasi. Selain termasuk tak layak huni, rumah tersebut juga tidak memenuhi standar kesehatan maupun keselamatan penghuninya.

“Sebelumnya tim melalui Babinsa setempat telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memasukan daftar rumah warga yang akan dilakukan renovasi pada TMMD Reguler ke-101 Kodim Yogyakarta ini, salah satunya milik Ny Murah ini. Total ada sepuluh rumah yang akan direhab,” ungkapnya di Makodim Yogyakarta, Jumat (30/03/2018).

Rino menegaskan seluruh kegiata mulai dari pembongkaran hingga pembangunan dilakukan secara bergotongroyong antara prajurit dan warga. Dengan semangat gotongroyong tersebut diharapkan pengerjaan akan terasa ringan serta cepat selesai dan utamanya tercipta kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Sementara itu Ny Murah yang menyaksikan secara langsung pembongkaran rumah miliknya itu terlihat sedih bercampur bahagia. Ia tak menyangka rumah yang telah puluhan tahun ditempatinya itu akan direnovasi sehingga menjadi hunian yang nyaman untuknya.

Selama proses renovasi dilakuan, My Murah untuk sementara tinggal bersama anaknya yang tak jauh dari kediamannya. “Terimakasih sekali rumah saya telah diperbaiki. Semoga kebaikan bapak tentara dibalas oleh-Nya,” kata Ny Murah. (Van)

BERITA REKOMENDASI