Rehabilitasi Makam Raja, Pemda DIY Tunggu ‘ACC’ Danais

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah mengusulkan anggaran untuk rehabilitasi makam Imogiri Bantul sebesar Rp 10,6 Miliar. Rehabilitasi kawasan makam raja di Imogiri menjadi prioritas karena dikhawatirkan kerusakannya bisa meluas.

"Anggaran untuk rehabilitasi makam Imogiri saat ini sedang diusulkan dalam perubahan penggunaan danais termin 2 tahun 2019 ke pemerintah pusat. Diharapkan pertengahan April sudah disetujui dan bisa dikucurkan. Dengan begitu, proses rehabilitasi makam Imogiri akan segera bisa dilakukan," kata Paniradya Pati DIY, Beni Suharsono di Kompleks Kepatihan, Selasa (9/4).

Beni mengatakan, usulan terkait besaran anggaran untuk rehabilitasi makam Imogiri itu muncul. Setelah Dinas Pekerjaan Umum Perumahan (PUP) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) DIY telah melakukan assesment dan menghitung biaya rehabilitasi komplek makam Imogiri. Berdasar hitungan dibutuhkan anggaran Rp10,6 Miliar.

Sudah Kejadian yang Kedua, Makam Raja Sisi Timur Rawan Longsor

Dongkrak Kunjungan Wisman, Gumuk Pasir dan Makam Raja Jadi Unggulan

Rehabilitasi kawasan makam Imogiri yang rusak akibat banjir longsor beberapa waktu lalu memang menjadi prioritas. Pasalnya selain kawasan tersebut merupakan kawasan strategis keistimewaan dan kawasan cagar budaya. Apabila tidak segera ditanggani kerusakannya bisa meluas.

Terpisah ketika dimintai tanggapan soal hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho mengaku belum bisa banyak memberikan komentar. Karena secara prinsip pihaknya tinggal menindaklanjuti keputusan Paniradya Pati yang mengacu pada assesment DPUP ESDM DIY.

"Untuk masalah rehabilitasi makam Imogiri sudah dirapatkan, jadi terkait masalah teknis yang lebih banyak tahu Dinas PUP ESDM. Jadi kami tinggal menindaklanjuti saja. Prinsipnya apa yang nantinya menjadi keputusan, kami akan berupaya untuk melaksanakan dengan sebaik-baiknya," ujarnya. (Ria)

BERITA REKOMENDASI