Rekomendasi Rakernas Tamansiswa : Kesehatan dan Keselamatan Prioritas Utama

YOGYA, KRJOGJA.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tamansiswa 2020 menghasilkan beberapa rekomendasi baik internal maupun eksternal. Di antaranya adalah terkait dengan pendidikan tatap muka di masa pandemi Covid 19. Tamansiswa menempatkan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan sebagai prioritas utama.

Hal ini disampaikan oleh Panitera Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Ki Dr Saur Panjaitan, dalam siaran pers Rabu (23/12). Kemudian Pemerintah Pusast dan Daerah sebaiknya dapat memfasilitasi terjaminnya protokol kesehatan sejak siswa dan guru berangkat dari rumah, selama di sekolah dan kembali ke tempat masing-masing. Kebijakan sangat fleksibel berdasarkan kesiapan satuan pendidikan.

Perguruan Tamansiswa juga menegaskan kembali sesuai dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara tentang Tri Pusat Pendidikan bahwa semua orang harus terlibat baik keluarga, sekolah dan masyarakat. Apalagi degan kondisi saat ini yang terkena pandemi Covid 19, hampir di semua tempat menjadi sekolah dan semua orang menjadi guru. Oleh karena itu, apabila pelaksanaan tatap muka masih belum dapat dilaksanakan karena kondisi kesehatan yang belum memungkinkan Perguruan Tamansiswa mengharapkan kepada Pemerintah agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem pendidikan Belajar Dari Rumah (BDR)dengan melakukan sosialisasi dan melibatkan semua pihak.

BERITA REKOMENDASI