Rektor UAD Lepas 4 Mahasiswa Raih Beasiswa IISMA Kemendikbudristek

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) secara resmi mengadakan upacara pelepasan untuk mahasiswa UAD yang mendapatkan beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (lISMA) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). IISMA merupakan salah satu flagship dari MBKM Kemendikbudristek.

IISMA adalah skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas di universitas ternama di luar negeri. Mahasiswa berkuliah selama satu semester di perguruan tinggi di luar negeri untuk mempelajari ilmu di luar prodinya, budaya negara tujuan, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan.

Upacara Pelepasan ini secara resmi dibuka oleh pidato dari Dr Muchlas MT selaku Rektor UAD. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Rusydi Umar ST MT PhD (Wakil Rektor Bidang Akademik), Dwi Santoso PhD (Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional), Ida Puspita MARes (Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri), Dekan dan Kepala Program Studi terkait, dan seluruh mahasiswa peraih beasiswa IISMA. Empat mahasiswa UAD berhasil meraih beasiswa penuh untuk kuliah selama satu semester di empat universitas ternama di Eropa.

Anggito Setiawan Ardiansyah mahasiswa Teknik Informatika akan belajar di University of Edinburgh, Skotlandia, Bagas Al Fajri mahasiswa Sastra Inggris akan belajar di University of Strathclyde, Skotlandia, Muhammad Arifin mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris akan belajar di University of Granada, Spanyol, dan Afnan Saud Hanifuddin mahasiswa Biologi akan kuliah di Daugavpils University, Latvia.

“Keempat mahasiswa ini telah mengikuti acara pembekalan dan pelepasan secara resmi yang diadakan baik oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) maupun
oleh universitas masing-masing. Mahasiswa-mahasiswa tersebut akan berangkat ke universitas tujuan masing-masing secara bertahap sejak awal hingga September,” kata Ida Puspita MARes selaku Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri, Jumat (03/09/2021).

Dikatakan Ida, dengan lolosnya empat mahasiswa UAD dalam program bergengsi Kemendikbudristek, IISMA merupakan upaya UAD dalam terus meningkatkan implementasi kerjasama luar negerinya dan meningkatkan prestasi mahasiswanya di level internasional meskipun di masa pandemi. Semoga di masa mendatang, UAD dapat meningkatkan jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan internasional dari pemerintah. (Jay)

BERITA REKOMENDASI