Rektor UII Ajak Teladani Nabi Ibrahim

YOGYA,KRJOGJA.com – Ribuan jamaah memenuhi halaman Alun-alun Utara Yogyakarta mengikuti salat hari raya Idul Adha (hari raya qurban). Salat tersebut dipimpin oleh takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. 

Pantauan KRJOGJA.com, ribuah orang sudah mulai berdatangan ke Alun-alun Utara sejak pukul 06:00 pagi. Sementara salat Ied berlangsung khidmat sekitar pukul 7.00 WIB. 

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Fathul Wahid, berkesempatan menjadi khatib. Dalam ceramahnya, Fathul menitipkan berbagai pesan untuk bangsa saat ini. 

"Ada empat hal yang bisa diteladani dari kisah kehidupan Nabi Ibrahim," kata Fathul dalam ceramahnya kepada Jamaah Alun-alun Utara. Minggu (11/08/2019). 

Menurutnya, sejak semasa hidupnya, Ibrahim senantiasa memurnikan tauhid, bersikap santun kepada orang tuanya, mendengarkan pendapat anak, hingga peduli kepada anak-cucunya. 

Kata Fathul, hal itu menggambarkan bahwa Ibrahim selalu berpikir pada konteks keturunannya. Seperti hari ini, pada kondisi kekinian banyak hal yang bisa contoh dari sosok Ibrahim.

"Pemerintah maupun warga negara harus melakukan sebagai hal dengan keseriusan seperti yang Nabi Ibrahim jalankan. Dua titik poin penting yang harus dilakukan serius pemerintah yakni, dalam hal memelihara atau menjaga lingkungan dan menjaga persatuan bangsa," ucapnya. (Ive

BERITA REKOMENDASI