Rencanakan Reaktivasi, Menhub Susuri Jalur KA Yogya Magelang

YOGYA (KRjogja.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Senin (7/11/2016) melakukan pemantauan jalur rel kereta api lawas yang menghubungkan Yogyakarta dengan Magelang. Peninjauan yang sebenarnya cukup singkat tersebut dimulai dari kawasan Sitisewu Bumijo yang merupakan awal jalur kereta menuju utara ke arah Magelang hingga Ambarawa.

Kepada wartawan, Budi Karya sempat menyampaikan tujuan peninjauan tersebut dilakukan untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api yang sebelumnya menghubungkan Yogyakarta-Magelang-Ambarawa. Menurut dia, tahap awal dari rencana tersebut yakni memetakan rel kereta lama yang memang berada di jalur milik PT KAI.

"Kita ingin melihat faktanya seperti apa di lapangan. Menurut rencana kita akan hidupkan kembali jalur kereta api Yogyakarta-Magelang," ungkapnya.

Menurut Menhub tujuan menghidupkan kembali jalur Yogyakarta-Magelang tersebut sebagai salah satu dukungan akan transportasi integrasi pariwisata. "Ya biar Borobudur laku, kan tujuan wisata," imbuhnya singkat.

Seturut rencana, Budi Karya masih akan mengunjungi beberapa lokasi lain seperti Beran Sleman dan juga Stasiun Sentolo Kulonprogo. Kemenhub sendiri berencana untuk mengintegrasikan transportasi pendukung bandara baru di Temon Kulonprogo menuju peta tujuan wisata di DIY dan Jawa Tengah.

Di kawasan Sitisewu Bumijo terlihat jalur rel kereta masih tampak di ruas jalan yang lebih mirip gang. Namun demikian kawasan tersebut tampak sudah dipenuhi oleh bangunan milik warga. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI