Reresik Sampah Visual, Walikota Jogja Panjat Tiang Listrik

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com –  Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota, Heroe Poerwadi bersama jajaran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) serta masyarakat berhasil ‘gasak’ puluhan rontek tidak berizin di sepanjang kawasan Kridosono, Kamis (28/09/2017). Berbekal peralatan sederhana seperti tang, gunting kawat, dan tangga mereka membersihkan sampah visual yang terpasang secara sembarangan.

Sebelum melepas rontek yang telah melanggar etika pariwara luar ruang, Haryadi terlebih dahulu menanam benih pohon sawo kecik di depan kolam renang Umbang Tirta. Usainya, barulah alumni SMA Negeri 1 Yogyakarta tersebut mengawali kegiatan dengan melepas rontek yang terpasang di tiang lampu penerangan jalan.

Haryadi mengungkapkan, kegiatan membersihkan sampah visual ini bukanlah semata-mata hanya sebatas seremonial saja. Ia pun justru berharap agar masyarakat dapat mengikuti dan membuat kegiatan serupa. Menurutnya, meskipun dalam membersihkan tidak bersih seluruhnya, paling tidak sampah visual dapat sedikit berkurang secara perlahan hingga nantinya menjadi bersih.

“Meskipun tidak bersih seluruhnya, paling tidak sedikit berkurang, berkurang, berkurang, dan bersih,” tegasnya.

Kegiatan yang dirancang komunitas Reresik Sampah Visual ini pun tidak hanya menggasak rontek dan spanduk, melainkan juga membersihkan poster-poster yang ditempel sembarangan di tembok-tembok.

Penggagas komunitas Reresik Sampah Visual, Sumbo Tinarbuko menuturkan, pembersihan sampah visual yang dilakukan masyarakat justru memberikan dampak yang lebih besar dibanding dengan penertiban yang dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sehingga, ia pun mengajak masyarakat untuk berani membersihkan sampah visual yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

“Warga tidak perlu takut membersihkan sampah visual yang memang dipasang tidak sesuai aturan,” tuturnya.

Koordinator Jogja Garuk Sampah, Bekti Maulana yang juga turut hadir bersama relawannya menambahkan, dalam kegiatan pembersihan sampah visual ini masyarakat dibagi menjadi dua tim, sebagian bertugas di sisi kanan dan kiri jalan. Tim yang beraksi di sayap kiri kemudian juga turut menyisir sampah visual yang berada di jalan-jalan penghubung Stadion Kridosono.

“Kita membersihkan sampah visual yang ada di sayap kanan-kiri Kridosono, ada jalan penghubung masuk sekitar beberapa meter lalu putar balik, jadi 50 meter dari jalan utama Kridosono juga kita sisir. Berapa pastinya jumlah rontek yang berhasil dibersihkan itu kita belum tahu, tapi yang jelas kelihatan tadi 3 pickup penuh,” ungkapnya. (Mg-10)

 

BERITA REKOMENDASI