Revitalisasi Pasar Prawirotaman Dimulai April

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pekerjaan fisik revitalisasi Pasar Prawirotaman ditargetkan bisa dimulai April mendatang. Pekan depan atau pertengahan bulan ini, para pedagang pun dijadwalkan mulai menempati lapak sementara yang lokasinya sekitar 500 meter ke arah selatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Yogya Yunianto Dwisutono, mengaku pihaknya terus berkomunikasi dengan paguyuban pedagang di Pasar Prawirotaman. "Sesuai rencana pertengahan Maret ini para pedagang mulai pindah ke lapak sementara. Proses pemindahan pedagang mungkin bisa memakan waktu sepekan karena jumlahnya cukup banyak yakni 691 pedagang," jelasnya.

Yunianto mengaku, penempatan pedagang akan disesuaikan dengan zona yang sudah diatur sebelumnya. Namun demikian, lapak sementara memang tidak bisa sempurna seperti lapak permanen. Oleh karena itu, semua pihak harus mampu menjaga kerapian dan bisa saling memahami.

Di samping itu, selama proses pembuatan lapak sementara pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogya. Terutama menyangkut luasan kios, lapak maupun los yang akan ditempati oleh pedagang selama proses revitalisasi Pasar Prawirotaman berlangsung.

"Proses revitalisasi akan berlangsung hingga akhir tahun. Meski berjualan di lapak sementara, namun harapan kami pedagang juga tetap merasa nyaman," imbuh Yunianto.

Kepala Dinas PUPKP Kota Yogya Agus Tri Haryono, menjelaskan proses pembangunan lapak sementara saat ini sudah mencapai sekitar 90 persen. Pertengahan bulan ini pun pihaknya akan menyerahkan bangunan tersebut ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Alokasi anggaran untuk pembangunan lapak sementara itu mencapai Rp 1,4 miliar.

Terdapat tiga ukuran yang berbeda untuk aktivitas berjualan. Untuk kios dibangun ukuran 3×3 meter, lapak seluas 1×1,5 meter, dan los mencapai 1×1,25 meter. Di samping itu dilengkapi fasilitas toilet, musala, tempat parkir dan tempat sampah. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI