Revitalisasi Tugu, PT KAI Janji Relokasi Pedagang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – PT KAI Daerah Operasional 6 Yogyakarta berjanji merelokasi para pedagang yang terdampak revitalisasi Stasiun Tugu Yogyakarta. Hal tersebut disampaikan Kepala Daop 6 Yogyakarta, Hendy Helmi kepada wartawan Selasa (6/9/2016).

 

Hendy mengatakan pihaknya telah melakukan pembicaraan pada pihak Kraton Yogyakarta dalam hal ini Panitikismo untuk mencarikan lokasi sementara para pedagang selama proses revitalisasi Stasiun Tugu Yogyakarta. Menurut dia, para pedagang yang ada di sisi selatan stasiun seturut rencana masuk dalam rencana program revitalisasi dan akan mendapatkan lokasi representatif.

"Kami sudah bicarakan dengan pihak Panitikismo Kraton, Gusti Hadi untuk nantinya mencarikan lokasi relokasi sementara selama revitalisasi. Nanti kalau sudah selesai mereka akan menempati lokasi yang representatif, kita tata," ungkapnya.

Daop 6 sendiri menargetkan revitalisasi bakal selesai pada akhir tahun 2016 ini sehingga bisa langsung digunakan para pedagang. "Kami target secepatnya memang akhir tahun ini, kami catat ada 120 pedagang di sisi selatan dan nanti kami berikan lokasi baru yang bagus," pungkasnya.

Sisi selatan stasiun seturut rencana akan dijadikan pedestrian yang mengintegrasikan lokasi parkir eks bong suwung ke kawasan Malioboro. Pemda dan Daop 6 menilai bong suwung bisa menjadi salah satu kantong parkir wisatawan yang akan menuju Malioboro. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI