Ribuan Orang Gelar Aksi Demo Tolak RUU HIP di Titik Nol

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Ribuan orang dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) Islam di DIY turun ke titik 0 kilometer, Sabtu (20/6/2020) siang. Mereka menyuarakan penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang dinilai mendistorsi makna Pancasila yang tertuang dalam batang tubuh UUD 1945.

Ribuan orang berdatangan dari berbagai penjuru arah titik 0 kilometer. Petugas kepolisian pun harus mengalihkan arus lalu-lintas dan menutup empat ruas jalan di simpang 0 kilometer selama aksi berlangsung.

Para peserta aksi mengenakan masker, sebagai upaya mencegah penularan Covid. Namun, mereka tak bisa menjaga jarak karena tetap berada dalam kerumunan aksi.

Syukri Fadholi, Ketua Presidium Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) yang menjadi inisiator aksi mengungkap bawasanya umat Islam di DIY sudah sepakat untuk menolak RUU HIP. Pancasila menurut Syukri merupakan dasar kehidupan bangsa dan negara yang sudah final, tak boleh lagi diutak-atik.

“Kami sudah bicara pada Muhammadiyah dan Nahdlathul Ulama (NU), semua sepakat menolak RUU HIP yang dibahas di DPR. Pancasila adalah dasar kehidupan negara dan bangsa. Siapapun yang mencoba mengotak-atik maka tidak bisa dibiarkan,” tegas Syukri di depan para peserta aksi.

BERITA REKOMENDASI