Ribuan Orang Padati 0 Kilometer Suarakan Dukung Palestina

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Ribuan orang dari Forum Ukhuwwah Islamiyah (FUI) melakukan aksi damai di Titik 0 kilometer Yogyakarta, Jumat (21/5/2021) siang. Mereka menyuarakan dukungan untuk Palestina meski gencatan senjata Israel dan Hamas sudah dilaksanakan.

Ketua Presidium FUI DIY, Syukri Fadholi dalam orasinya meminta Indonesia turun tangan membantu Palestina konflik berkepanjangan dengan Israel. FUI menilai, serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa dan rakyat di Gaza bertentangan dengan HAM dan merupakan pelanggaran berat.

“Serangan ke Gazza adalah pelanggaran terhadap resolusi PBB dan hukum internasional. Kami meminta pemerintah RI untuk aktif melakukan tindakan nyata lewat Organisasi Konferensi Islam, PBB maupun forum lainnya untuk menghentikan kebrutalan Israel,” ungkap Syukri.

FUI juga menilai dukungan pada Palestina sudah sesuai dengan UUD 1045, yang menyatakan bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. FUI menurut Syukri mendorong adanya sanksi bagi Israel yang dinili melakukan kejahatan perang hingga menewaskan 200 orang.

“Kami mendesak seluruh negara anggota organisasi Konferensi Islam untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel sebagai wujud solidaritas kepada Palestina,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI