Ribuan Pelayat Lepas KH Najib

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Bacaan tahlil laa ilaha illa Allah, Muhammadur-Rosulullah puluhan ribu pelayat mengantar jenazah (alm) KH R Muhammad Najib Abdul Qodir ke tempat peristirahatannya terakhir di Dongkelan Bantul, Selasa (5/1). Selain itu juga dilakukan doa bersama secara bergantian dipimpin KH Abdul Hamid Abdul Qodir (adik almarhum yang sekaligus menjadi penggantinya), KH Mas’ud Masduki (Rois Syuriah PWNU DIY) dan KH Akhmad Said Asrori (salah satu Rois Syuriah PBNU).

Sejak Senin (4/1) sore sampai menjelang upacara pemberangkatan, para pelayat juga terus berdatangan ke Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak untuk mensalatkan dan mendoakan Kiai yang selain hafal Alquran juga menguasai tujuh macam bacaan Alquran (qiro’ah Sab’ah) ini. Selain itu, kompleks pesantren hingga pinggir jalan diwarnai ratusan karangan bunga ucapan bela sungkawa. Antara lain dari Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Sekjen Kemenag Prof Dr Nizar Ali, Ketua DPP PKB A Muhaimin Iskandar, Ketua DPP PPP Suharno Monoarfa, anggota DPR/MPR RI Drs HM Idham Samawi, Kakanwil Kemenag DIY Drs H Edhi Gunawan MPdI serta dari para tokoh nasional maupun lokal.

KH Yahya Cholil Tsaquf, mewakili seluruh jajaran pengurus NU mulai tingkat PBNU, PWNU, PCNU, hingga MWC sampai ranting NU, menyampaikan, salam dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang juga adiknya, KH Mustofa Bisri yang juga pamannya, serta sejumlah kiai serta memohonkan pamit karena pada kesempatan ini tidak bisa takziyah secara pribadi.

BERITA REKOMENDASI