Ribuan Telur Nyamuk Wolbachia Disebar di Tegalrejo

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Tak kurang 6.000 ember berisi telur nyamuk Wolbachia dilepaskan di rumah-rumah warga kawasan Tegalrejo Kota Yogyakarta, Rabu (31/08/2016). Telur-telur nyamuk hasil penelitian tim Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta sengaja dilepas untuk menekan resiko demam berdarah di wilayah Kota Yogyakarta.

Peneliti EDP, Prof Adi Utarini Ketua mengatakan sebelumnya pihaknya telah melakukan koordinasi dengan warga yang bersedia menerima telur nyamuk tersebut. Menurut dia, dalam kurun waktu 15 hari diharapkan telur nyamuk akan berkembang dan kawin dengan nyamuk lain yang belum berWolbachia.

"Secara bertahap telur akan kami titipkan ke rumah-rumah warga di Tegalrejo ini. Harapannya nyamuk akan kawin dan menghasilkan keturunan yang ber-Wolbachia untuk menghambat penularan Demam Berdarah Dengue ke manusia," ungkapnya.

Masing-masing ember menurut Adi berisi tak kurang 100 telur nyamuk Wolbachia yang nantinya bisa berkembang setelah mengalami kawin dengan nyamuk yang sebelumnya ada di Tegalrejo. "Khusus untuk nyamuk jantan ber-Wolbachia nanti telur hasil perkawinan tidak bisa menetas, jadi memang sekaligus menekan populasi nyamuk," imbuhnya.

Jumlah kasus DBD di wilayah Kota Yogyakarta tercatat mencapai 623 kasus sampai Juni 2016. Jumlah tersebut diharapkan berangsur menurun karena adanya penyebaran nyamuk ber-Wolbachia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI