Ribuan Umat Islam Padati Salat Ied di Alun-alun Utara

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Ribuan umat Islam Senin (12/9/2016) pagi mengikuti sholat Idul Adha di berbagai lokasi di wilayah DIY. Salah satu yang ikonik sekaligus menjadi tujuan umat antara lain di Alun-Alun Utara di mana Gubernur DIY Sri Sultan HB X biasa melaksanakan sholat baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Di Alun-Alun Utara, Ketua PP Muhammdiyah dr Agus Taufiqurrahman menjadi imam dan sholat dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Dalam khotbahnya, Taufiqurrahman mengatakan bahwa esensi ibadah bukan hanya vertikal yakni hubungan kita dengan Allah saja. Namun  menurut dia, sifat horizontal yakni hubungan sesama manusia juga menjadi hal yang wajib diperhatikan seluruh umat.

 

"Melalui kurban, di mana orang yang punya harta berlebih wajib melaksanakan adalah perwujudan dari ibadah secara horizontal. Semangat menolong sesama dengan tujuan menyejahterakan sesama itulah yang paling utama dan nantinya tak terpisahkan dari hidup kita," ungkapnya.

Makna kuat hubungan horizontal menurut Taufiqurrahman juga terwujud dalam pembagian daging kurban yang tak lagi membedakan agama, suku dan golongan. Hal itulah yang menjadikan Idul Adha sebagai salah satu hari yang begitu indah.

"Karena itu bagi yang belum menjalankan, segeralah menjalankan. Ibadah kurban ini memiliki nilai baik secara ibadah maupun sosial," pungkasnya.

Di beberapa lokasi ikonik lain seperti stadion Kridosono, Mandala Krida, lapangan Denggung hingga Gumuk Pasir Parangkusumo, umat Islam juga secara khusuk menjalankan ibadah Sholat Idul Adha. Cuaca yang cerah di seputaran kota Yogyakarta dan Sleman pun menambah kekhusukan ibadah para umat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI