Ribuan Warga Nantikan Prosesi Grebeg Maulud

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Ribuan warga masyarakat tampak menyemut di depan regol Masjid Gede Kauman, Senin(12/12/2016) pagi. Warga tampak antusias menyaksikan prosesi kirab gunungan Grebeg Maulud yang akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Wartini (45) salah satu warga Wonosari Gunungkidul mengaku sengaja datang ke kawasan Alun-alun Utara untuk melihat sendiri prosesi perarakan gunungan. Menurut dia, anggota keluarganya yang masih kecil penasaran dengan prosesi kirab gunungan yang setiap tahun menjadi hajat dalem Kraton Yogyakarta.

"Sengaja datang ke Alun-Alun Utara ingin melihat Grebeg Maulud, pas semua libur juga jadi sekalian. Memperkenalkan anak-anak pada tradisi Kraton," ungkapnya.

Cukup sulit untuk Wartini dan keluarga bisa sampai di kawasan Alun-alun Utara pagi ini. Kepadatan lalu-lintas ditambah ribuan orang yang antusias datang ke Sekaten yang masih beroperasi menjadi tantangan tersendiri.

"Tadi jalan dari dekat Taman Pintar, sulit bisa masuk ke sini (Alun-alun Utara). Tapi bagaimana karena penasaran sekalian jalan-jalan," imbuhnya tersenyum.

Kraton Yogyakarta sendiri membuat tujuh buah gunungan dalam Grebeg Maulud 1950 Je kali ini. Sebanyak 3 buah Gunungan Kakung, 1 Gunungan Putri, 1 Gunungan Gepak, 1 Gunungan Darat dan 1 Gunungan Pawuhan diarak menuju Masjid Gede Kauman dan 1 ke Kepatihan serta 1 ke Pura Pakualaman. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI