Ridwan Kamil Tampilkan Karya Lukis di JNM, Simbol “Perdamaian” Jawa-Sunda

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil boyongan ke Yogyakarta membawa hasil-hasil kreasi Jawa Barat dengan mengusung tajuk Jabar Motekar. Selama tujuh hari 1-7 Desember 2021, Jogja National Museum (JNM) akan menjadi ruang kreasi penegas perdamaian sejarah masa lalu antara Jawa dan Sunda.

Kepada wartawan, Ridwan Kamil mengatakan ini merupakan kali pertama ia berada di JNM dan melakukan kegiatan produktif setelah satu setengah tahun pandemi Covid. Ia mengaku senang dengan kolaborasi yang dilakukan dengan DIY, sekaligus menegaskan kolaborasi dua daerah yang memiliki potensi luar biasa di bidang industri kreatif.

“Kami berterimakasih dengan Pemda DIY karena aktif berkolaborasi senang bisa kolaborasi, saling lihat dan saling merekam dan saling terinspirasi. Kita berharap hubungan dua wilayah ini bisa mengeratkan sejarah sosiologis antara budaya Jawa dan Sunda. Kita sudah berdamai dengan masa lalu dengan hadirnya jalan Padjajaran di wilayah DIY ini. Mudah-mudahan dengan acara ini kita tidak melihat kaca spion terlalu lama, kita harus melihat ke depan dan berkolaborasi,” ungkapnya di sela pembukaan, Rabu (1/12/2021).

Dalam lawatan ke Yogyakarta, Ridwan Kamil membawa serta produk-produk andalan dari Dekranasda Jawa Barat yang diketuai sang istri. Nantinya, Jawa Barat juga mengundang Gubernur DIY, Sri Sultan HB X untuk hadir ke Bandung, 7 Desember mendatang.

“Pusat seni di Indonesia itu Bandung, Jogja, Bali. Kalau saling berkunjung diiringi dengan kolaborasi teknologi pasti tren baik akan mengikuti. Seni makin unik maka kesejahteraan akan mengikuti. Itu semangat Jawa Barat hadir ke Yogyakarta,” tandas dia.

Sementara, GKR Bendara, yang hadir dalam pembukaan melempar apresiasi atas inisiatif Jawa Barat dalam memajukan industri kreatif. Ia berharap, karya Ridwan Kamil bisa menginspirasi warga Jogja untuk bisa berkembang lebih baik lagi.

“Industri kreatif itu tidak bisa melaju sendirian harus ada kolaborasi. Karya Kang Emil ini bisa menginspirasi warga Jogja dari segi seni lebih besar, harapannya bisa menginisiasi kolaboorasi ekraf lebib erat lagi dengan Jabar. Kolaborasi lintas provinsi ini bisa meningkatkan lagi kreativitas dan saya sangat mengapresiasi,” pungkas Bendara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI