Ro Sudah di Bawah 1, Penularan Covid-19 di Jogja Menurun

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs K Baskara Aji menyatakan, berdasarkan data yang ada selama dua pekan terakhir angka Ro di DIY sudah berada di bawah 1. Penurunan jumlah kasus positif itu terjadi, karena sudah dilakukan tracing baik oleh Pemda DIY maupun kabupaten/kota. Bahkan sudah dilakukan pemeriksaan dan hasil tracing sudah laporkan.

Selain itu, tingkat kesembuhan di DIY juga cukup bagus dengan angka kematian rendah. Bahkan berdasarkan informasi yang diterima, salah satu pasien di Rumah Sakit Hardjolukito yang usianya sudah 71 tahun bisa sembuh setelah menjalani perawatan selama 75 hari.

“Sejak beberapa waktu terakhir jumlah kasus positif di DIY menurun. Bahkan selama dua pekan terakhir ‘reproduction number’ (Ro) di DIY sudah di bawah 1. Padahal saat terjadi lonjakan kasus di DIY, Ro sempat berada di angka 1 hingga 2,5. Sebetulnya dengan Ro di bawah 1, sudah memenuhi indikator untuk menerapkan ‘new normal’,” ungkap Baskara Aji.

Lebih lanjut Baskara Aji menambahkan, meski Ro di DIY sudah di bawah 1, tapi hal itu bukan satu-satunya indikator. Karena banyak hal yang harus dipertimbangkan, pihaknya tidak ingin terburu-buru atau gegabah dalam menerapkan new normal. Dengan pertimbangan tersebut, pihaknya berencana menerapkan new normal di dunia pendidikan agak akhir.

Tindakan itu dilakukan, karena tidak ingin ada kluster dari sekolah. Begitu pula untuk tempat-tempat hiburan wisata harus dipertimbangkan dengan baik.

BERITA REKOMENDASI