Royal Ambarrukmo Tanam Pohon Langka di BIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Royal Ambarrukmo Yogyakarta bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) melakukan penanaman 11 pohon yang berasal dari Kebon Raja Pesanggrahan Ambarrukmo atau Royal Garden pada 28 Oktober 2020 di area Bale Kambang BIY. Penanaman kesebelas pohon ini sebagai bentuk kepedulian Royal Ambarrukmo Yogyakarta untuk pariwisata Yogyakarta yang sarat makna dan diharapkan dapat memberikan keteduhan di area sekitar BIY.

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Herman Courbois mengungkapkan penanaman di sekitar Bale Kambang BIY menjadi area yang dipilihkan khusus mengingat Bale Kambang di BIY ini adalah replika dari Bale Kambang yang ada di kompleks Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Kesebelas tanaman yang sarat akan filosofi tersebut adalah pohon Beringin Putih, Mundu, Sawo Kecik, Belimbing Wuluh, Kelengkeng dan bunga Kantil.

“Seluruh jenis pohon tadi kesemuanya diambil dan tumbuh di Royal Garden Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang merupakan Kebon Raja di Pesanggrahan Ambarrukmo pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Kami berharap pohon-pohon langka ini bisa terus dibudidayakan, sesuai dengan keberadaan Royal Ambarrukmo Yogyakarta,” ujar Herman Courbois di Yogyakarta, Sabtu (07/11/2020).

Herman Courbois menjelaskan Pohon Beringin bagi masyarakat Jawa khususnya memiliki arti keagungan, keadilan serta keunggulan, selanjutnya pohon Sawo kecik atau Manilkara kauki atau sawo Jawa sering diidentikkan dengan kata sarwo becik atau serba baik. Pohon Mundu biasa disebut apel Jawa, kini semakin jarang ditemukan karena tidak banyak lagi yang menanamnya. Pohon Belimbing Wuluh dulunya hanya ditanam di area Siti Hinggil Kraton Yogyakarta, sebagai makna agar semua abdi dan rakyat menghormati sabda atau perkataan rajanya.

“Pohon Kelengkeng jenis tanaman buah-buahan dipercaya masyarakat merupakan pohon dua sejoli, menanam pohon kelengkeng dipercaya tidak akan bisa berbuah apabila tidak sepasang. Pohon Kantil alias Cempaka Putih Bunga Kantil mempunyai makna ‘kemantil kantil’ yang berarti selalu ingat dimanapun berada dan selalu mempunyai hubungan yang erat sekalipun sudah berjauhan,” tambahnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI