RSA UGM Kini Bisa Lakukan Swab Bagi ODP dan OTG

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM meresmikan bilik Gadjah Mada, Senin (27/04/2020). Bilik tersebut digunakan sebagai alat cek swab PCR bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) rawat jalan dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ketua tim pembuatan UGM, dr R Sumiharto mengatakan bilik Gadjah Mada dibuat dengan memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan bagi tenaga kesehatan maupun pasien. Operator yang berada di dalam bilik diharapkan lebih aman sementara pasien pun mendapat perhatian yang baik di mana pengecekan dipastikan berjalan dengan nyaman.

“Di tim kami ada dari kedokteran sehingga dipastikan sisi keamanan dari segi klinisnya. Kami berharap alat ini bisa mendukung percepatan pengetesan swab dan membawa kemanfaatan,” ungkapnya.

Sementara Direktur Utama RSA UGM dr Arief Budiyanto menyampaikan bilik Gadjah Mada akan digunakan untuk melakukan pengetesan pada ODP Rawat Jalan serta OTG. Harapannya ketika kemampuan tes meningkat, maka kecepatan penanganan segera bisa dilakukan untun memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain itu, rumah sakit yang menjadi rujukan Covid ini problemnya semuanya sama kekurangan APD. Dengan adanya alat ini harapannya bisa mengurangi kebutuhan APD karena tenaga medis bisa bekerja tanpa APD dan bisa diberikan ke zona merah. Keamanan dan keselamatan petugas, maupun pasiennya sangat diperhatikan dengan alat ini,” ungkapnya.

Lavoratorium RSA UGM sendiri sudah melakukan uji PCR untuk pasien-pasien dengan gejala Covid sejak sebulan terakhir. Hasilnya pun bisa didapatkan dengan rentang waktu 2 hingga 3 hari dari pengambilan sample. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI