Rumah Mbah Wongso Jadi Unit Terakhir Direnovasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kediaman milik Mbah Wongso (93) warga RT.47/RW.08 Kampung Gambiran Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta bakal menjadi hunian terakhir yang bakal selesai dikerjakan dalam program rehab rumah TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Saat ini perkembangan pembangunan di sasaran tersebut baru memasuki tahap awal dan ditargetkan akan selesai dalam seminggu lagi.

Paling akhir dikerjakannya sasaran ini lantaran pengerjaan yang dilakukan pada Rumah Mbah Wongso tidak terlalu berat. Selain ukuran luasnya yang hanya sekitar 6 x 4 meter, rumah ini diapit oleh hunian milik anaknya sehingga batas samping kiri dan kanan sudah memiliki tembok permanen.

"Ada pertimbangan sendiri mengapa kediaman rumah Mbah Wingso paling akhir kami kerjakan. Namun yang pasti akan kani kerjakan dengan cepat sesuai target waktu yang diberikan pada sasaran ini," ungkap Pasiter Kodim 0734 Yogyakarta Kapten (Inf) Rino Tri Widodo di Poskotia TMMD Reguler ke-101 Kodim Yogyakarta, Jumat (20/04/2018).

Pembuatan tembok hanya akan dilakukan pada depan rumah saja dan beberapa sekat bagian dalam. Sebelumnya baian depan rumah ini hanya terbuat dari anyaman bambu tanpa ada sekat ruang pada bagian dalamnya.

Pasiter menargetkan rehab pada sasaran ini akan selesai pada 28 April mendatang. Rumah ini sekaligus akan menjadi unit terakhir dalam sasaran rehab rumah yang dikerjakan Satgas TMMD Reguler ke-101.

Minuk (47) anak ketiga Mbah Wongso mengungkapkan, saat ini ibunya diungsikan di rumah adiknya yang berada di Prenggan Kotagede. Dikatakannya, Mbah Wongso selalu menanyakan rumahnya kapan jadi karena ia ingin segera menempatinya.

"Selalu menanyakan kapan jadi dan ingin cepat pulang. Soalnya ibu betah tinggal di sini walau rumahnya kecil dan sederhana," ungkap Minuk. (Van)

BERITA REKOMENDASI