Rumah Sakit JIH Bakal Membuka Pengobatan Radioterapi Center

YOGYA, KRJOGJA.com – Direktur utama Rumah Sakit 'JIH' dr Mulyo Hartana, menyebut Radioterapi center (pengobatan dengan radio terapi menggunakan penyinaran) akan segera dibuka. Hal itu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Gedung sudah jadi, mesin sudah masuk, SDM siap, tinggal melengkapi aspek perizinan dan peresmian," kata Mulyo kepada wartawan dalam acara media gethering dengan tema semangat berasama Hari Kemerdekaan, Rabu (14/08/2019).

Menurutnya, pengobatan Radioterapi Center merupakan layanan pengobatan pada kanker dengan menggunakan radioterapi atau penyinaran. Mulyo menyebut, pengobatan kanker ada tiga, yaitu pembedahan, dan atau kemoterapi, serta radiasi.

"Pembedahan kita ada dokter ahlinya, kemoterapi juga ada, kalau radioterapi perlu kesiapan. Sehingga ketiganya saling melengkapi," ucapnya.

Selain itu, RS JIH juga akan membangun gedung In Vitro Fertilitazion (IVF) atau klinik bayi tabung dalam waktu dekat. Rencananya untuk peletakan batu pertama (groundbreaking) akan dilakukan pada September 2019 mendatang.

"Mudah-mudahan peletakan batu pertama bisa dilakukan secepatnya pada bulan September besok.Tapi pelayanannya sudah jalan sebenarnya, bahkan untuk transfer ovumnya sudah bisa dijalankan. Masih menggunakan kamar operasi lama. Tapi nanti kalau dengan gedung baru penyimpananan emprionya akan lebih baik," jelasnya.

Sementara itu, JIH masih memiliki program yang diunggulkan yaitu layanan ibu dan anak.

"Kita tetap layanan ibu-anak dengan segala kelengkapannya, sejak anak lahir, imunisasi, vaksinasi, tumbuh kembangnya, gigi anak, fisioterapi," ungkapnya.

Kendati demikian, melihat banyak perkembangan pelayanan kesehatan di RS JIH juga mempengaruhi kebutuhan fasilitas Rumah Sakit. Misalnya dengan menambah kamar operasi. Hal itu menjadi keharusan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan baik. 

"JIH sudah memiliki kamar operasi baru di gedung baru. Kami terus kembangkan fasilitas untuk menjaga utuh pelayanan. Lebih cepat dan lebih nyaman," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI