Rumah Zakat Kirim 100 Truk Tangki Air Bersih ke Gunungkidul

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Lembaga Kemanusiaan Rumah Zakat menerjunkan kurang lebih 100 armada truk tangki untuk membantu warga Gunungkidul, DIY. Hal itu untuk merespon lebih masif wilayah yang tengah dilanda kekeringan atau kekurangan air saat musim kemarau.

Brand Manager Rumah Zakat cabang DIY, Warnitis mengatakan pemberian droping air bersih melalui bantuan progam ini merupakan sebagian dari program Rumah Zakat yang diberikan kepada wilayah terdampak bencana alam. Dia menyebut, Gunungkidul dan Kulon Progo menjadi salah satu bagian targetnya.

“Rumah Zakat berkomitmen untuk membantu sarana air bersih bagi wilayah yang terindikasi mengalami kekeringan atau kekurangan air saat musim kemarau,” kata Warnitis kepada wartawan di Balaikota Yogyakarta, Jum’at (30/08/19).

“100 tangki yang terdiri dari empat wilayah Kecamatan Gunungkidul yang kita lakukan serentak di hari ini, di Kecamatan Gedang sari, Ngawen, tepus dan Wonosari.

Dibanding dengan sebelumnya, tahun ini kekeringan lebih panjang dari sebelumnya. Hal tersebut menjadi PR besar Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat dalam membantu sodara yang terkena kekeringan. Salah satu PR nya adalah mengampanyekan masyarakat agar ikut berkontribusi menyalurkan air bersih.

Tahun ini, Rumah Zakat akan menyalurkan sumur bor di wilayah Gunungkidul. Sumur itu dapat dirasakan manfaatnya secara berkelanjutan terlebih lagi ketika kekeringan tiba. “Insa Allah tahun ini akan dibuat sumur dibeberapa titik yang sudah kami survei. Yang nantinya juga bisa digunakan kapanpun apalagi pas musim kekeringan,” ucapnya.

Sementara itu Staf Ahli Perekonomian Pemkot Yogyakarta Dra. Septi Sri Rejeki, yang turut melepas pemberangkatan truk tangki menyampaikan apresiasinya atas ikthiar yang dilakukan  Rumah Zakat. “kami mendukung penuh aksi peduli air bersih seperti ini, karena kebermanfaatannya sangat membantu masyarakat yang tengah dilanda kekeringan, semoga dengan adanya seremonial pelepasan ini semakin banyak masyarakat yang peduli bencana kekeringan ini, dan semoga kolaborasi antara Rumah Zakat dan Pemkot Yogyakarta terus terjalin untuk membantu permasalahan kemanusiaan” pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI