Rutan IIA Yogya Deklarasi Rutan Bersinar

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJogja.com – Warga binaan di Rutan Kelas II A Yogya banyak terjerat kasus Narkoba. Mereka terus dibina untuk menyadari kesalahan dan mau berhenti. Dengan dukungan BNN (Badan Narkotika Nasional) dilakukan pengawasan ketat mulai dari petugas dan warga binaan untuk mewujudkan sebagai Rutan Bersinar (Bersih dari Narkoba).

“Penggeledahan cek urine rutin pada warga binaan juga petugas, biang keroknya hape yang bisa untuk mengendalikan peredaran narkoba, petugas yang melanggar terancam sanksi berat,” tegas Kakanwil Kemenkumham DIY Budi Argap Situngkir dalam sambutan Apel Siaga dan Deklarasi Stop Narkoba Menuju Rutan Bersinar, Rabu (15/9) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Yogyakarta, Jalan Taman Siswa Yogya.

Deklarasi juga dihadiri Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Andi Fairan SIK IMSM yang dalam kesempatan tersebut menyerahkan Piagam Penghargaan Bersinar pada Kepala Rutan IIA Yogya Yudo Adi Yuwono dengan disaksikan Budi Argap S dan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Gusti Ayu Putu Suwardani.

“Apresiasi pada jajaran Kakanwil Kemenkumham DIY, khususnya Divisi Pemasyarakatan di Rutan Kelas II A berani malakukan Deklarasi Bersinar dengan komitmen luar biasa petugas rutan dan warga binaan. Semoga bisa diikuti Rutan yang ada di DIY seluruhnya Bersinar,” tegas Andi Fairan.

Pagi sebelum deklarasi telah dilakukan Razia Gabungan dan Tes Urine untuk pegawai dan warga binaan dalam rangka upaya P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika).

“Dalam penggeledahan dengan disaksikan petugas gabungan dari BNN, Kejaksaan, dan instansi terkait tidak ditemukan narkoba, hanya ditemukan kartu domino, remi, monopoli, hanger (gantungan baju) buatan warga binaan yang tidak membahayakan,” ucap Kadivpas Gusti Ayu saat rilis hasil penggeledahan sesaat sebelum Deklarasi Bersinar. (Vin)

BERITA REKOMENDASI