Saat 39 Penulis Indonesia Kisahkan Memori Keliling Dunia

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 39 penulis muda yang sebagian besar merupakan anak muda Indonesia penerima beasiswa sekolah ke luar negeri sukses memproduksi buku di tahun 2017 lalu berjudul ‘Soul Travellers: Turning Miles Into Memories’. Berbagai cerita menarik yang dikupas mendalam dari sudut pandang pelancong yang tengah berada di berbagai negara belahan dunia nyatanya digemari pembaca hingga terjual tembus 2.000 eksemplar.

Sebut saja kisah petualangan mewujudkan khayalan masa kecil mengunjungi kastil Dracula di Rumania yang dilakukan Steven Guntur, atau kisah Intan Irani, yang menceritakan pengalaman mencari kedamaian batin di India ternyata mampu membawa pembaca masuk lebih dalam dan bahkan berniat melakukan perjalanan keliling dunia untuk mendewasakan diri. Kisah-kisah orang Indonesia dengan karakter ramah dan empati tinggi (gotong-royong) saat menangkap makna dari belahan dunia lain ternyata terasa kuat.

Pencetus buku Andre Mokalu menceritakan pengalaman menarik saat menghubungkan 39 penulis yang tersebar dari Australia hingga Islandia. Tanpa memberikan banyak batasan, ternyata menurut dia para penulis dibebaskan mengeksplore perjalanan travelling saat berada di sebuah negara.

“Inilah mengapa karakter tulisan di buku antologi ini berbeda-beda karena semua penulis memiliki cara tersendiri mengekspresikan makna perjalanan. Bukan hanya kisah plesiran saja tapi ada sudut pandang mendalam dalam potongan kisah buku ini,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (07/03/2018).

Tak heran anak-anak muda Indonesia yang sedang menimba ilmu di luar negeri ini kemudian berniat membuat buku bergenre travelling untuk kali kedua. Andre mengungkap ia bersama rekan penulis lain telah mempersiapkan naskah untuk segera diwujudkan di tahun 2018 sebagai sequel buku yang pertama.

“Buku kedua ini berfokus pada pencarian kuliner menarik di luar negeri yang ternyata justru lebih mengingatkan kami semua akan nikmatnya hidangan kampung halaman di tanah air, karena sejauhnya kita pergi pasti tanah air tetap di hati. Akan semenarik apa nanti ditunggu saja sekuel kedua Soul Travellers, semoga jauh lebih menarik dan memberikan pengalaman saat membaca,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI