Sahdan Firhan Halim Raih Juara ASDP SMPN 9 Yogya dan Sabet Emas Karate Cup

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Atlet Junior Karate Sahdan Firhan Halim mampu membuktikan prestasi olah raga bisa berjalan bersama bahkan memompa prestasi akademik. Sukses dalam pendidikan dengan predikat Lulusan Terbaik SMP Negeri 9 Yogyakarta TA 2020/2021, Sahdan yang meraih nilai 375 Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tertinggi di sekolahnya. Usai kelulusan SMP langsung menyabet emas dalam Unpas Open Virtual Karate Cup 11-12 Juni 2021 belum lama ini.

“Sejak masuk SMP duduk di Kelas VII selalu masuk 3 Besar. Awalnya ikut tonti di sekolah meraih juara juga. Baru naik Kelas VIII mulai ikut olah raga Karate di Akademi Seni Beladiri Karate Indonesia (ASKI) DIY,” tutur Sahdan di rumahnya Jalan Sidokabul Yogyakarta, Kamis (17/06/2021).

Rajin berlatih di Bumi Putera Bintaran dan di Banguntapan Bantul dengan gemblengan sensei Irwansyah Ginting, mental, disiplin dan sportivitas Sahdan terbentuk. “Sehingga belajar juga jadi fokus dan bisa membagi waktu,” ungkap bungsu putera pasangan Achmad Kurniawan ST dan Nawangsari SE ini.

Lahir di Yogya 1 Maret 2006 ini mengakui awal Kelas IX Semester 2, kegiatan karate nya dikurangi karena kesibukan persiapan Ujian Akhir SMP. “Latihan yang tadinya sebagai atlet harus 5x seminggu jadi 1x,” jelasnya.

Bahkan karena tidak memenuhi porsi latihan, namanya sementara dicoret dari PJP (Program Jangka Panjang). “Setelah kelulusan SMP baru dipanggil lagi. Meski persiapan mepet tetapi dengan mental dan semangat tinggi, tanpa beban (karena sudah lulus SMP), Alhamdulillah dalam turnamen Unpas Karate Cup meraih emas,” ujarnya.

Sebelumnya berbagai prestasi juga berhasil diraih tahun 2020, diantaranya Emas Kejuaraan Propinsi ll ASKI DIY, Perak Kata UNJ Cup, Perunggu Silent Knight Virtual Championsip, Perunggu National Bekasi Open. “Saya ingin terus berkiprah di dunia karate dengan tetap mengutamakan sekolah,” tegas Sahdan mantap. (Vin)

BERITA REKOMENDASI