Salut! Relawan Ini Suplai Makan Siang untuk Buruh Gendong Setiap Hari

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Solidaritas warga DIY di masa pandemi begitu terlihat nyata meski di tengah situasi yang sama-sama sulit. Sejumlah relawan di Yogyakarta yang tergabung dalam gerakan #rakyatbanturakyat memasak dan membagikan makan siang gratis kepada buruh gendong di pasar-pasar.

Siapa sangka markas komunitas relawan tersebut ada di Jalan Veteran No 36 Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Mereka memanfaatkan sebuah Warmindo yang juga terpaksa tutup akibat pandemi Covid.

Adalah sosok M Berkah Gamulya (41) yang menginisiasi kegiatan sosial tersebut setelah beberapa waktu lalu Warmindo miliknya tutup disergap pandemi. Peralatan masaknya menganggur dan rentan rusak, lalu muncul ide membuat dapur umum yang ternyata dapat sambutan luar biasa.

“Ide ini muncul dari beberapa orang yang suka ngopi di warmindo ini. Terus karena warmindo tutup akibat pandemi jadi merasa mubazir karena banyak peralatan dan bahan makanan tidak dimanfaatkan. Dari situlah, kenapa tidak dijadikan dapur umum saja. Kami buat dan sebar poster dengan isi mencari relawan di medsos lewat Instagram dan Twitter @bakzoojogja. Setelah di posting ternyata banyak yang mendaftar jadi relawan dan berdonasi, hingga terwujudlah gerakan ini,” ungkapnya ketika berbincang, Sabtu (24/10/2020).

BERITA REKOMENDASI