Sambangi UNY, ini Agenda Wakil Presiden di Yogyakarta

SLEMAN, KRjogja.com, Wakil Presiden Jusuf Kalla direncanakan menyambangi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), hari ini (04/05). Kunjungan kerjanya di Yogyakarta tersebut akan diawali dengan mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA), lalu seharian di kampus UNY hingga pada siang harinya kembali ke Jakarta.

"Mendarat di YIA lalu sambangi UNY. Setelah itu agenda sementara Wakil Presiden akan langsung kembali ke Bandara (YIA) dan Take Off menuju Jakarta di pukul 11.00," ungkap Prof Sutrisna Wibawa selaku Rektor UNY kepada KRjogja.com.

Dalam rangkaian kunjungan kerja yang relatif singkat dan terpusat di UNY tersebut, Kalla akan menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Nasional yang digelar Ikatan Alumni (IKA) UNY. Seminar Nasional tersebut digelar dalam rangka Dies Natalis ke-55 UNY Tahun 2019, yang mengusung tema: 'Format Pendidikan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa'

Selain Kalla, seminar tersebut juga menghadirkan pembicara Dr Suyoto selaku Tokoh Pendidikan dan Mantan Bupati Bojonegoro. Peserta seminar juga akan memberikan sumbang saran dalam presentasi makalah pendamping.

Bersama para pembicara tersebut, kehadiran Kalla disebut Sutrisna cukup penting karena sang wakil presiden telah lama memiliki concern dan kiprah di dunia pendidikan. Menjadi salah satu juru runding di Aceh misalnya, Kalla mengutamakan pendidikan anak-anak dengan terlibat dalam pendirian sekolah ataupun yayasan yang berorientasi perdamaian serta pemberdayaan masyarakat.

"Bagaimana pendidikan telah beliau jadikan alat, serta concern, sangat konstruktif untuk dikupas di seminar ini. Terlebih lagi dalam format pendidikan yang kita harapkan meningkatkan daya saing bangsa, seperti tema dalam seminar ini," ujar Sutrisna.

Setelah menjadi pembicara dalam seminar nasional, Kalla diagendakan melakukan peresmian atas gedung pascasarjana baru Universitas Negeri Yogyakarta. Gedung tersebut merupakan satu dari tiga belas gedung yang didanai APBN dari grant Islamic Development Banks (IDB).

Peresmian oleh Kalla disebut Sutrisna dapat menjadi simbolisasi. Atas pentingnya pendidikan serta inovasi yang dihadirkan sektor ini untuk kemajuan bangsa.

"Gedung Pascasarjana baru akan diresmikan oleh Bapak Wakil Presiden. Ini salah satu bentuk tema dies kita, inovasi pendidikan untuk Indonesia. Lewat pendidikan yang berkualitas," pungkas Sutrisna (KRA-02).

BERITA REKOMENDASI