Sambut SO 1 Maret, Museum Vredeburg Gelar Pameran Temporer

YOGYA, KRJOGJA.com – Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mengadakan pameran temporer bertema ‘Patriot Bangsa Merebut Ibu Kota’. Pameran ini merupakan serangkaian kegiatan peringatan Serangan Umum (SO) 1 Maret 1949 yang menjadi salah satu kunci upaya bangsa Indonesia dalam merebut kembali kedaulatan yang dirongrong oleh Belanda.

Pameran digelar 1-31 Maret 2021 secara luring di ruang Sultan Agung dan secara daring melalui media sosial Museum Benteng Vredeburg. Dalam penyelenggaraan pameran, Museum Benteng Vredeburg bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY, Pemerintah Kota Yogyakarta, Komunitas Djokjakarta 1945 dan Paguyuban Weihrkreise III. Pameran dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Minggu (28/2/2021).

Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Drs Suhardja mengatakan, dalam pameran disajikan 13 tokoh patriot bangsa yang berperan dalam merebut ibu kota (saat itu Yogyakarta menjadi ibu kota) dan mengembalikan kedaulatan dari cengkeraman penjajah Belanda. Selain itu disajikan pula benda-benda koleksi museum yang terkait dengan sepak terjang perjuangan 13 tokoh patriot tersebut.

Untuk lebih menggemakan pameran, diadakan kegiatan talkshow radio, webinar, bincang publik, dongeng dan pentas seni serta diskusi sejarah. “Maksud kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaan serta penyebarluasan informasi mengenai tugas pokok dan fungsi museum kepada masyarakat,” kata Suhardja.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi yang membuka secara resmi pameran tersebut mengatakan, keberhasilan
Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan hasil kolaborasi antara berbagai elemen bangsa baik politik yang dilakukan oleh para diplomat maupun militer oleh para TNI dan tidak kalah penting adalah dukungan seluruh rakyat dalam siasat ‘Perang Rakyat Semesta’. (Dev)

BERITA REKOMENDASI