Sampah Menggunung di Kota Yogya, Forpi Dorong Danais Dipakai

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Selasa (22/12/2020) hari ini, sampah mulai menggunung di wilayah Kota Yogyakarta dan Sleman, buntut ditutupnya TPST Piyungan oleh warga. Pemda DIY pun diminta segera mengurai masalah pengelolaan sampah yang dinilai terus berulang ketika musim penghujan datang.

Forpi Kota Yogyakarta melakukan pemantauan ke beberapa titik depo sampah yang ternyata kondisinya memprihatinkan. Baharuddin Kamba, Anggota Forpi Kota Yogyakarta mengaku menemukan sampah menggunung di Kranggan dan selatan Stasiun Lempuyangan.

“Tadi banyak belatung yang berserakan di sekitar tumpukan sampah, bau tidak sedap yang sangat mengganggu. Banyak juga warga yang melewati tumpukan sampah malah menambah sampah dengan membuang sampah ditumpukan tersebut. Di Jalan Hayam Wuruk juga demikian, sampah berserakan hingga ke jalan. Bedanya dilokasi ini nampak sejumlah petugas kebersihan dari DLH Kota Yogyakarta membersihkan sampah yang berserakan hingga ke jalan,” ungkap Kamba.

Forpi Kota Yogyakarta menurut Kamba mengusulkan kepada pemerintah Kota Yogyakarta bersama pemerintah Kabupaten Bantul dan Sleman termasuk pemda DIY untuk duduk bersama dalam mengatasi masalah sampah ini. Forpi menilai masalah sampah kerap terjadi dan tak pernah ada solusi alternatifnya.

BERITA REKOMENDASI