Santunan Ahli Waris Pasien Covid-19 Dihentikan, Dinsos Diminta Sosialisasi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kementerian Sosial (Kemensos) telah menghentikan pemberian santunan kepada ahli waris pasien Covid-19 meninggal dunia di DIY. Hal tersebut tertuang pada Surat Edaran (SE) Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tentang Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Akibat Covid-19.

Dinas Sosial (Dinsos) DIY meminta Dinsos Kabupaten/Kota yang ada DIY agar menindaklanjutinya dengan memberikan sosialisasi perihal diadakannya santunan kepada ahli waris atau keluarga pasien Covid-19 meninggal dunia di DIY. Sehingga masyarakat mengetahui dan tidak menanti-nanti adanya santunan tersebut nantinya.

” Kemensos tidak ada anggaran untuk santunan kepada ahli waris pasien Covid-19 meninggal dunia, jadi memang pasti tidak ada santunan begitu. Sudah ada SE Kemensos terkait itu, maka anggaran itu sudah tidak ada dan tidak dialokasikan baik untuk tahun lalu maupun tahun ini,” tegas Kepala Dinsos DIY Endang Patmintarsih kepada KR di Yogyakarta, Kamis (4/3).

Endang mengatakan Dinsos Kabupaten/Kota diminta mengusulkan rekomendasi ahli waris pasien Covid-19 meninggal dunia yang dicalonkan mendapatkan santunan tahun lalu. Usulan tersebut berdasarkan SE Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos Nomor 427/3/2/BS.01.02/06/2020 tentang Pemberian Santunan Korban Covid-19 sebesar Rp 15 juta yang baru muncul sekitar November 2020.

” Pengusulan itu butuh proses, disosialisasikan kepada kabupaten/kota kemudian persyaratan pengajuan santunan sangat banyak seperti surat keterangan kematian karena Covid-19 dan sebagainya. Ternyata setelah kita usulkan setidaknya ada 151 warga meninggal karena Covid-19 di DIY kepada Kemensos pada Februari 2021 lalu, munculah SE Kemensos terbaru kalau tidak ada anggaran untuk santunan tersebut,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI