‘Sapa Aruh’ Sultan Hari Ini: Jogja Tidak Lockdown Tapi Calmdown!

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur sekaligus Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X menyapa masyarakat DIY di Bangsal Kepatihan, Senin (23/3/2020) siang. Sultan mengajak masyarakat untuk eling lan waspada menghadapi pandemi Virus Corona yang sudah sampai di Yogyakarta.

Sultan mengatakan bencana virus Corona sangat berbeda dengan bencana alam seperti Gempa Bumi tahun 2006 lalu yang kasat mata. Virus Corona diingatkan Sultan bisa masuk ke tubuh siapapun tanpa disadari.

“Berbeda dengan bencana gempa yang datang tahun 2006 lalu yang kasat mata, virus Corona ini datang jika memasuki badan tidak bisa kita rasakan dan menyerangnya pun tak terduga-duga. Menghadapi itu, kita selayaknya bisa menjaga kesehatan. Laku prihatin dan wajib mengikuti arahan dari sumber resmi yang terpercaya,” ungkap Sultan dalam Bahasa Indonesia.

Masyarakat diharapkan Sultan bisa menerapkan falsafah eling lan waspada di tengah situasi tak menentu seperti ini. Tak perlu khawatir menurut dia akan kehilangan rejeki karena di balik kesabaran pasti ada rejeki yang luar biasa di depan.

“DIY tidak menerapkan lockdown melainkan calmdown, prihatin dan menguatkan diri agar eling lan waspada. Eling atas Sang Pencipta dengan laku spiritual lampah ratri, dzikir malam mohon pengampunan dan pengayoman. Waspada melalui kebijakan slow down, sedapat mungkin memperlambat perkembangan pandemi virus Corona dengan cara bersih diri dan lingkungannya sendiri-sendiri,” sambung Sultan. (Fxh)

BERITA TERKAIT