SARASEHAN 32 TAHUN JUMENENGAN DALEM SULTAN HB X : Sosok Pemimpin Bijak dan Visioner

Menurut Robby Kusumaharta yang menyoroti di bidang ekonomi dan bisnis kepemimpinan Sultan HB X yang bijak, budiman dan visioner selama ini mampu menghadirkan iklim bisnis yang kondusif bagi bisnis dan investasi. Sehingga berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Meskipun DIY tidak memiliki banyak sumber daya alam, tapi dengan program-program percepatan ekonomi yang dikeluarkan oleh Sultan HB X selaku Gubernur DIY, kesejahteraan masyarakat DIY terus meningkat,” katanya.

Sedangkan Prof Edy Suandi Hamid yang menyampaikan testimoni dari sudut pandang pendidikan mengatakan, selain menyampaikan kritik yang membangun, Sultan HB X juga memberikan solusinya. Salah satu hal yang menjadi keprihatinan Sultan di dunia pendidikan adalah kurangnya porsi pendidikan karakter (softskills) dalam pembelajaran.  “Ngarsa Dalem mendorong kurikulum yang berbasis kearifan lokal dimasukkan dalam pembelajaran karena itu akan mencetak generasi-generasi muda yang unggul sekaligus memiliki karakter yang baik dan berintegritas,” ujarnya.

Sementara Widihasto Wasana Putra mengatakan, peran Ngarsa Dalem sangat tampak terutama era reformasi dan proses keistimewaan DIY, di mana Gubernur DIY tidak dipilih tapi ditetapkan. “Sosok Sultan HB X memang sosok pemimpin yang berintegritas dan sangat layak menjadi role model kepemimpinan (leaedership) yang bagus,” katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI