‘Sardjito Fair’ Semarakkan Togoe Jogja Festival

Editor: Ivan Aditya

ACARA Car Free Day 'Toegoe Jogja Festival' (TJF) bakal menyuguhkan suasana berbeda. Sebab selain bazaar, donor darah, senam massal dan pemeriksaan kesehatan gratis, juga bakal ada talkshow tentang cangkok ginjal. TJF akan berlangsung Minggu (17/03/2019) mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB di sepanjang Jalan Margo Utomo (P Mangkubumi) Yogyakarta. Kali ini dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-37, RSUP Dr Sardjito yang akan menggelar 'Sardjito Fair' dengan tema utama 'Sardjito Hebat, Rakyat Sehat'.

Menurut dr Djoko Windoyo Sp RM selaku Ketua Umum 'Sardjito Fair', acara ini merupakan media edukasi kesehatan untuk semakin dekat dengan masyarakat. Tidak hanya mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), beberapa Kelompok Staf Medik (KSM) seperti KSM Mata, KSM Anestesi, KSM Anak, KSM Ortopedi, KSM Jiwa dan KSM lain yang ada di lingkungan RSUP Dr Sardjito turut memfasilitasi pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat.

"Masing-masing KSM akan menyediakan pemeriksaan dan edukasi kesehatan sesuai dengan kompetensinya. KSM Mata menggelar screening penyakit mata, seperti glaukoma dan retino diabetik bagi masyarakat penyandang diabetes yang berusia lebih dari 40. Juga ada pemeriksaan tajam penglihatan bagi anak-anak dengan target pemberian kacamata baca dan minus masing-masing 50 buah," terang dr Djoko.

'Sardjito Fair' nanti akan dibuka dengan Senam GERMAS bersama yang akan dimulai pukul 06.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Kesehatan tentang Cangkok Ginjal dan keberhasilan RSUP Dr Sardjito dalam melakukan cangkok ginjal yang akan disampaikan oleh dr Iri Kuswadi SpPD KGH(K).

Penampilan Hand Hygiene Dance persembahan civitas hospitalia turut memeriahkan Sardjito Fair sebagai upaya edukasi pentingnya cuci tangan demi menjaga kesehatan. Selain itu, hiburan band dari residen juga akan mengiringi pelaksanaan pemeriksaan kesehatan secara simultan.

Dengan keberadaan Sardjito Fair di tengah masyarakat, diharapkan dapat menjadi salah satu role model media edukasi dan sosialisasi kampanye menuju Indonesia Sehat dengan  mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) yang dimulai dari  lingkungan terkecil yaitu kepedulian terhadap diri sendiri. (*)

BERITA REKOMENDASI