Satgas Covid-19 Serukan Masyarakat Terus Disiplin Porkes

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus Covid-19 di DIY hingga saat ini masih fluktuatif. Meski dalam beberapa hari ini angka positif Covid-19 mengalamai penurunan, namun hal itu bukan berarti kewaspadaan masyarakat terhadap wabah ini bisa diabaikan.

Data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY menunjukkan angka positif di daerah ini pada Senin (17/05/2021) sejumlah 42.142 kasus. Sedangkan pada Selasa (18/05/2021) angka tersebut bertambah menjadi 42.297 kasus.

Yang cukup menggembirakan jumlah kesembuhan pasien Covid-19 mengalami peningkatan. Dari jumlah 38.696 kasus pada hari Senin (17/05/2021), meningkat menjadi 38.908 kasus pada Selasa (18/05/2021) kemarin atau meningkat 212 kasus.

“Kasus di DIY saat ini masih fluktuatif, meskipun beberapa hari mengalami penurunan,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih kepada KRJOGJA.com, Rabu (19/05/2021).

Ia mengingatkan kondisi tersebut bukan berarti masyarakat bisa lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). Justru sebaliknya dalam kondisi seperti kewaspadaan harus lebih ditingkatkan agar angka Covid-19 terus menurun dan kesembuhan semakin meningkat.

Terkait kondisi pasca libur Lebaran, Berty Murtiningsih menyampaikan saat ini hal itu belum dalam dilihat. Grafik tersebut setidaknya bisa dilihat pada tujuh hingga sepuluh hari kedepan pasca libur Lebaran.

“Pasca libur dan mudik tentunya belum bisa dilihat, tetapi pasti akan ada peningkatan kasus mengingat obilitas penduduk juga meningkat. Terkait kenaikan kasus yang mungkin akan terjadi, disiplin terhadap protokol kesehatan menjadi kunci,” tegasnya.

Ia menegaskan, ketaatan masyarakat terhadap prokes merupakan upaya efektif menekan jumlah kenaikan kasus. Kebiasaan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta mengurangi aktivitas di luar rumah harus terus dilakukan guna memutus rantai penyebaran Virus Corona. (Van)

BERITA REKOMENDASI