Satlantas Polresta Yogyakarta Bagikan 100 Masker Bagi Pengendara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Satlantas Polresta Yogyakarta membagikan sekitar 100 masker kepada pengendara di kawasan simpang Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Kamis (05/11/2020). Beberapa pengendara yang tengah berhenti di traffic light didatangi anggota kemudian satu-persatu diberi masker secara gratis.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, AKP Imam Bukhori menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Zebra Progo 2020 yang dilaksanak jajarannya. Pada tahun ini, sasaran Operasi Zebra tak hanya menertibkan para pengendara di jalan raya, namun juga mengedukasi masyarakat untuk senantiasa mentaati protol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabuh serta menjaga jarak.

“Jadi pada Operasi Zebra ini tidak sekedar menertibkan. Karena situasi baru seperti ini (pandemi) maka sisi edukasi juga dilakukan guna mengajak masyarakat untuk memiliki kesadaran dalam memberantas Covid-19,” jelasnya.

Imam Bukhori mengatakan, dalam Operasi Zebra tahun ia membentuk dua gugus tugas dalam satuannya. Gugus prefentif bertugas untuk melakukan pengawasan maupun penertiban dalam kehidupan berlalu-lintas di jalan, sedangkan gugus pre emptif berkewajiban untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat perihal pelaksanaan protokol kesehatan.

“Karena sifatnya pre emtif maka bukan penindakan yang dilakukan. Kami lebih mengedepankan untuk mengajak, mengimbau, serta member contoh kepada masyarakat senantiasa melaksanakan ketentuan dalam pencegahan bahaya Covid-19,” ungkap Imam Bukhori.

Ia mengungkapkan, tempat-tempat keramaian di Kota Yogyakarta seperti kawasan Malioboro, Titik Nol Kilometer, Taman Pintar menjadi fokus Kepolisian untuk menemui masyarakat guna mengingatkan perihal protokol kesehatan. Imam Bukhori mengatakn secara umum masyarakat mulai memiliki kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan.

Di jalanan misalnya, saat ini hampir tak ditemui lagi pengendara roda dua khususnya yang tak mengenakan masker. Pada tempat keramaian, masyarakat sudah mulai memiliki kesadaran untuk melaksanakan physical distancing dan berperilaku sehat dengan mencuci tangan.

“Kami harap kebiasaan ini akan terus dilakukan masyarakat, karena inilah cara efektif untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona. Hal ini perlu kesadaran bersama agar Yogyakarta dapat terbebas dari Covid-19,” kata Imam Bukhori. (Van)

BERITA REKOMENDASI