Satpam Merangkap Pemandu Pasar

YOGYA, KRJOGJA.com – Sepekan jelang Lebaran, pengunjung Pasar Beringharjo mulai mengalami lonjakan dibanding libur biasa. Peran petugas satuan pengamanan atau satpam pun sekaligus merangkap sebagai pemandu Pasar Beringharjo untuk memberikan informasi terhadap pengunjung pasar tradisional terbesar di Kota Yogya ini. Selama tiga tahun terakhir, setiap momentum Lebaran pihak pengelola Pasar Beringharjo selalu menerjunkan pemandu yang terdiri dari dimas diajeng.

"Tahun ini terpaksa tidak dialokasikan karena perubahan organisasi perangkat daerah. Sebagai gantinya, kami optimalkan peran petugas keamanan untuk bisa memberikan informasi kepada pengunjung yang membutuhkan," jelas Kepala Disperindag Kota Yogya, Maryustion Tonang, Minggu (18/06/2017).

Sebelumnya, urusan pasar menjadi kewenangan Dinas Pengelolaan Pasar. Namun lantaran organisasi daerah harus menyesuaikan pusat, maka dinas tersebut melebur ke Disperindag. Dengan begitu, perencanaan anggaran untuk bidang pasar turut terpangkas. Selain pemandu yang tidak dialokasikan, kegiatan promo pasar berhadiah di tahun ini juga terpaksa ditiadakan.

Meskipun pada tahun ini tidak ada pemandu khusus, namun Maryustion optimis tidak akan mengurangi pelayanan kepada pengunjung. "Petugas keamanan tentu memiliki informasi yang tidak kalah lengkap. Apalagi, mereka bekerja setiap hari di pasar sehingga tahu seluk beluk pasar dengan baik," imbuhnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI