Satpol PP DIY Catat 2.503 Pelanggaran Selama PTKM, Ini yang Paling Banyak

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Satpol PP DIY mencatat adanya 2.503 pelanggaran selama tiga minggu penerapan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY. Mayoritas pelanggaran yang terdata merupakan masyarakat yang lalai menggunakan masker.

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad mengatakan hingga minggu ketiga penerapan PTKM ini tercatat 2.503 pelanggaran berhasil diungkap petugas. Untuk PTKM kedua sendiri, menurut dia tercatat 1.055 kali pelanggaran yang didominasi kelalaian menggunakan masker.

“Untuk pelanggaran terbanyak di DIY ini masih pemakaian masker. Ketidakpatuhan ada 1055 dan sampai minggu ketiga ini total pelanggaran 2.503. Pertama memang masker, kedua jam operasional pukul 20.00 juga masih banyak dan implementasi makan di tempat 25 persen,” ungkap Noviar, Senin (1/2/2021).

Sementara terkait pelanggaran yang mana petugas melakukan penyitaan KTP, tercatat sebanyak 98 orang yang mana seluruhnya langsung diselesaikan pada hari yang sama. Petugas menurut Noviar menitikberatkan operasi yustisi untuk menggugah kesadaran masyarakat menaati protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan virus.

“Kita sampaikan pada para pelanggar ini tentang data Covid, kita kasih tahu agar dengan sendirinya paham Covid di DIY sangat berbahaya. Rata-rata dari mereka ternyata tak tahu pertambahan positif DIY tinggi. Masih banyak yang menilai bahwa Covid tidak berbahaya, menular dan bisa menyebabkan orang meninggal. Ini yang jadi PR kita sampai seminggu kedepan,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI