Satpol PP DIY Masih Temukan Pelanggaran Selama PTKM

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Edukasi dan sosialisasi terkait penegakkan protokol kesehatan (Prokes) terus digencarkan oleh Satpol PP DIY. Kendati demikian hasilnya belum sesuai dengan harapan, karena selama kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) mikro dilaksanakan masih ditemukannya banyak pelanggaran. Bahkan sejak PTKM mikro mulai diberlakukan yaitu mulai 11 Januari sampai 20 Februari Satpol PP DIY menemukan ada 3.819 pelanggaran.

“Memang secara sepintas jumlah pelanggaran berkaitan dengan Prokes mulai menurun. Namun kalau dilihat secara keseluruhan jumlahnya masih tergolong banyak karena mencapai 3.819 pelanggaran. Adapun perinciannya untuk aturan WFH lebih dari 50 persen ada 106 pelanggaran, jam operasional ada 1.333 pelanggaran, pembatasan kapasitas rumah makan ada 663 pelanggaran dan penerapan 3M ada 1.717 pelanggaran,” kata Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmat di Yogyakarta, Minggu (21/2).

Menurut Noviar, kesuksesan pelaksanaan PTKM mikro tidak hanya menjadi tanggungjawab, Pemda, Pemkab/Pemkot atau Satpol PP, tapi butuh dukungan semua pihak. Oleh karena itu peran serta masyarakat termasuk yang berada di level RT/RW sangat dibutuhkan. Karena tanpa adanya dukungan dan sikap proaktif dari mereka penerapan poin-poin yang ada di PTKM mikro tidak akan bisa dilakukan secara maksimal. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI