Satu Caleg Habiskan Rp 5 Miliar, Dana Kampanye Nasdem Capai Rp 259 Miliar

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Partai Nasdem melaporkan dana kampanye untuk pemilihan umum (pemilu) tahun 2019. Secara keseluruhan, partai yang didirikan tahun 2011 ini menghabiskan dana hingga Rp 259 miliar.

Bendahara Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali melalui siaran pers yang diterima KRjogja.com Sabtu (1/6/2019) mengungkap dari dana Rp 259 miliar dana kampanye yang dikeluarkan oleh Nasdem, tercatat sebanyak Rp 177 miliar berasal dari calon legislatif (caleg) dan sekitar Rp 80 miliar berasal dari keuangan dan kas partai.

“Dana tersebut merupakan akumulasi dari biaya sosialisasi dan kampanye yang dilakukan caleg sejak ditetapkan menjadi DCT oleh KPU. Nasdem merupakan partai yang transparan, maka kita laporkan semua pengeluaran dan asal dana kampanye ke KPU. Pelaporan ini bagi Nasdem merupakan bagian dari proses pendidikan politik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Ahmad Ali mengharapkan dibukannya laporan keuangan tersebut hendaknya memperluas akses publik agar menjadi pelajaran bagi seluruh pihak. Menurut dia, hal tersebut merupakan bagian keterbukaan dari proses untuk melihat bagaimana demokrasi kita berjalan dengan sangat baik di tengah masyarakat.

"Jika kita rata-ratakan setiap caleg menghabiskan sekitar 4-5 Miliar per orang. Jumlah itu masih bisa dikatakan normal karena luasnya daerah pemilihan dan kompetisi pemilu yang semakin keras. Jadi semua caleg harus membuat minimal 3 pertemuan setiap harinya,” sambung dia.

Di DIY sendiri, Nasdem meloloskan satu wakil rakyat ek DPR RI yakni H Subardi. Mbah Bardi, begitu ia akrab disapa meraih total suara 67.920 yang mengantarkan pria yang getol dengan sepakbola ini melenggang ke Senayan sebagai legislator wakil DIY. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI