Satu Hari Selesai, di Kota Yogya ‘KTP’ Anak Bisa Buat Dapat Diskon

YOGYA, KRJogja.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta mengadakan pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Balai Kota Yogyakarta pada Rabu, 31 Juli 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli lalu.

"Jadi secara prinsip kalo KIA ini adalah KTP-nya anak. Karena dulu kita berangkat dari ke prihatinan, kenapa yang 17 tahun saja dianggap penduduk, yang di bawah 17 tahunkan belum ada bukti penduduknya. Maka kemudian kita terbitkan kartu identitas anak sebagai bukti identitas anak," kata Bram Prasetyo selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.
 
Permohonan pembuatan KIA ini dibagi menjadi 2 periode, usia 0-5 dan 5-17 tahuh kurang satu hari. Adapun syarat pembuatan KIA yaitu : fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Akta Kelahiran, melakukan foto langsung di lokasi pelayanan atau menyerahkan pas foto berwarna 3×4 sebanyak 1 lembar dengan background tahun lahir ganjil berwarna merah, dan tahun lahir genap berwarna biru.
 
"One day service, harapan kami satu hari sudah bisa selesai, sudah bisa diserahkan karena tidak terlalu banyak tergantung seperti KTP elektronik," jelas Bram Prasetyo. Penggunaan KIA juga bisa gunakan sebagai lampiran bukti pemesanan tiket pesawat, kereta api dan pelayanan kesehatan.
 
Lebih lanjut Bram Prasetyo mengatakan pelayanan KIA di Kota Yogya bisa dilakukan di kantor kecamatan, atau juga langsung ke Dinas Dukcapil . "Kami juga melakukan jemput bola dengan datang ke sekolah-sekolah. Kami foto langsung diterbitkan saat itu," ujar Bram. 
 
Menurut Ike, salah satu orang tua yang ditemui KRjogja.com setahunya KIA digunakan untuk pendataan atau syarat untuk sekolah. "Untuk pengurusan administrasi, seperti pemeriksaan kesehatan. Sekarang juga untuk pemesanan tiket-tiket itu juga harus membutuhkan identitas to mbak, nah dengan KIA ini si anak sudah punya identitas sendiri seperti itu. Dan si anak juga lebih PD (percaya diri-red), yang jelas untuk administrasi jadi lebih mudah," papar Ike sebagai orang tua anak.
 
Selain itu, KIA ini bisa dimanfaatkan untuk mendapat diskon di tempat-tempat rekreasi maupun di tempat perbelanjaan yang sudah melakukan kerja sama dengan pemerintah kota maupun dengan pemerintah provinsi. Beberapa tempatnya yaitu Gardena Store, Jogja Bay, Kids Fun, dan Sindu Kusuma Edupark. Untuk mendapatkan diskon dengan catatan menunjukkan kartu identitas anaknya. (Nur Andini Dwi L/Magang KR)

BERITA REKOMENDASI