Satu Orang Pemilih Butuhkan Waktu Lima Menit di TPS

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Simulasi nasional pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 digelar di lapangan parkir objek wisata Goa Selarong Pajangan Bantul, Sabtu (09/03/2019). Dalam simulasi itu, satu orang membutuhkan waktu antara tiga hingga lima menit untuk menggunakan suaranya di TPS.

Simulasi diikuti 300 pemilih warga setempat yang sudah masuk DPT di TPS 99. Proses pemungutan suara dilakukan seperti pemilu yang sebenarnya. Komisioner KPU RI Ilham Saputra, mengatakan tujuan diselenggarakannya simulasi pemilu ini agar masyarakat bisa memahami betul tentang proses pemungutan suara di TPS.

Secara teknik melakukan pemilihan atau mencoblos lima kartu suara yang berbeda selama kira-kira tiga hingga lima menit. Sehingga pada hari H atau 17 April 2019 mendatang, pelaksanaan pemungutan suara di masing-masing PTS berjalan lancar.

"Simulasi ini seperti melakukan pemungutan suara yang sebenarnya, mulai dari antrian pendaftaran, pemungutan suara, memberi tanda sudah memilih pada jari, penghitungan suara hingga pengisian formulir. Termasuk jam pemungutan hingga pukul 13.00 WIB," jelasnya.

Sementara anggota Bawaslu RI Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja SH LLM, menambahkan terkait dengan penemuan WNA yang masuk dalam DPT di beberapa daerah, harus dipastikan pada penetapan akhir DPT sudah harus bersih dari WNA. "Sebelum 17 April 2019 nanti DPT sudah harus bersih dari WNA yang tidak memenuhi persyaratan dan tidak punya hak pilih," pungkasnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI