Satu PNS Pemda DIY Diketahui Bolos Kerja

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Satu pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY diketahui bolos pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran pada Senin (11/07/2016). PNS tersebut akan dikenakan sanksi berjenjang sesuai peraturan yang berlaku nantinya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Rani Sjamsinarsi mengatakan dari hasil pengecekan sidik jari yang terintegrasi ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY dari total 6.827 PNS Pemda DIY sebanyak 5.664 PNS hadir atau masuk. Dari 1.164 PNS yang tidak hadir, diketahui ada 27 PNS yang izin, 27 sakit, 60 mengajukan cuti, 65 tugas belajar, 13 bebas tugas dan 970 sedang menjalankan tugas dinas, termasuk 727 guru yang berada dibawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

"Hanya ada satu PNS tanpa keterangan, sedangkan yang lain dan tidak hadir dengan keterangan. Untuk guru, sesuai kalender akademik guru kan masih libur," ujar Rani saat ditemui di kantornya, Selasa (12/07/2016).

Rani menyampaikan bagi PNS yang tanpa keterangan tidak masuk kerja ini berasal dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY. Untuk PNS yang bolos tersebut, lanjut Rani akan dijatuhkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Menurutnya hasil inspeksi ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya tingkat kedisiplinan PNS di Pemda DIY terus meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan makin sedikitnya jumlah PNS yang membolos dan setiap Kepala SKPD telah diminta untuk melakukan pengawasan kepada bawahannya. "Absensi PNS di lingkungan Pemda DIY ini lebih baik, masih dalam batas aman," pungkas Rani. (R-4)

BERITA REKOMENDASI